header niko 728 x 90

WOW... Matahari Tidak tenggelam Selama 5 Bulan di Tempat Ini...

Negara-negara di Bumi bagian utara punya fenomena unik. Matahari bisa tidak tenggelam alias terang 24 jam. Bukan cuma satu dua hari, tapi sampai 5 bulan!

Fenomena tersebut dikenal dengan nama Midnight Sun, alias matahari di tengah malam. Salah satu negaranya yang punya fenomena seperti itu adalah Norwegia, yang merupakan salah satu negara di bagian utara dunia.


Dari situs resmi Visit Norway yang dikunjungi detikTravel, Jumat (29/7/2016) Midnight Sun terjadi terjadi karena kemiringan aksial bumi yang sebesar 23,5 derajat. Saat musim panas, semakin utara suatu tempat, kemiringan itu mengakibatkan siang yang lebih panjang atau matahari tetap berada di horizon pada musim panas di pertengahan tahun. Semakin dekat ke Kutub Utara, fenomena Midnight Sun pun bakal lebih lama terjadi.


Norwegia pun memiliki 12 tempat yang memiliki fenomena Midnight Sun seperti Bodo, Harstad, Tromso, Alta, Vardo, Hammerfest dan Bardufoss. Rata-rata terjadi pada 3 bulan dari Mei sampai Juni. Namun tempat yang paling spesialnya adalah Kota Longyearbyen di Kepulauan Svalbard.

Longyearbyen punya waktu paling panjang untuk fenomena Midnight Sun ini. Rentangnya dari 20 April sampai 22 Agustus. Artinya, selama 5 bulan matahari terus berada di atas langitnya!

Untuk menuju Longyearbyen, Anda dapat naik pesawat selama 1 jam dari Oslo, ibukota negara Norwegia. Longyearbyen berada di kawasan pesisir yang dihuni oleh sekitar 2.000-an penduduk. Para penduduknya pun sangat ramah kepada turis.


Rasakanlah pengalaman langka, melihat matahari yang terus bersinar selama 24 jam. Walau waktu sudah menunjukan pukul 23.00 malam, Sang Surya tidak akan pernah tenggelam, terus berada di langit.

Anda bisa sepuasnya jalan-jalan menjelajahi Longyearbyen. Naik kayak, berlayar atau trekking ke perbukitan. Banyak salju yang mencair, sehingga membuat orang-orang mudah untuk berjalan ke mana-mana. Ketika berlayar, Anda sesekali akan menemukan bongkahan-bongkahan es di atas permukaan laut.

Yang menarik untuk diketahui, bagaimana kehidupan masyarakat setempat dan di wilayah lainnya di Norwegia yang mengalami fenomena Midnight Sun? Pertanyaan paling umum, bagaimana jam tidur mereka?


Masyarakatnya melakukan aktivitas seperti biasa. Jika mau tidur, mereka akan menutup jendela dnegan tirai yang cukup tebal agar cahaya matahari tidak masuk ke dalam rumah. Begitu pun hotel-hotel yang akan mengingatkan turis jika waktu sudah larut malam.

Meski begitu, tentu saja tubuh penduduknya harus beradaptasi terlebih dulu. Di pekan pertama Midnight Sun, kebanyakan orang-orangnya menjadi tempramen dan sedikit galak. Itu dikarenakan mereka terus beraktivitas sepanjang hari, sebab matahari terus terlihat di langit. Setelah pekan pertama lewat dan sudah beradaptasi, semuanya kembali baik-baik lagi.

Saat Midnight Sun adalah saat terbaik untuk melihat kehidupan masyarakatnya. Kebanyakan dari mereka, beraktivitas sampai tengah malam dan keluar rumah. Anak-anak pun berlarian di jalanan, untuk terkena cahaya matahari sekaligus menghangatkan badan. Meski matahari terik, suhu di sana masih di kisaran belas derajat Celcius lho!

Sudah banyak operator tur di Eropa, terutama di Norwegia yang menawarkan paket perjalanan menikmati Midnight Sun. Tak perlu sampai berbulan-bulan, beberapa hari saja melihat matahari di langit yang tak tenggelam, pasti jadi pengalaman sekali seumur hidup yang tak terlupakan.

Sumber: travel.detik. com

baca juga:

13 Orang Sudah Resign Dari Kantor Karena Yang Satu Ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WOW... Matahari Tidak tenggelam Selama 5 Bulan di Tempat Ini..."

Posting Komentar